Laman Drop Down

Tiga Spot Favorit di Gunung Rinjani


Menjelajahi Energi Positif Gunung Rinjani


Para pendaki memancing di Danau Segara Anak kala pagi

Entah berapa kali aku memuji keindahan hutan Senaru, ketika aku melewatinya. Sungguh membiusku. Sesekali aku menghentikan langkah kakiku, merasakan energi positif yang membangkitkan rasa bahagia, damai dan tenang.
Bagiku traveling punya banyak manfaat. Salah satunya memberikan energi positif setelah melakukan rutinitas yang menjenuhkan. Energi positif ini menghasilkan rasa damai, bahagia, dan tenang ke dalam diri. Selain itu, energi positif juga bisa mengobati stress dan membangkitkan semangat kembali.  

Ada tiga spot favorit di Gunung Rinjani yang memberikanku energi positif. Spot ini cukup menarik perhatianku. Tidak hanya memberikan energi positif, spot ini juga bagus untuk objek foto.

A.     Hutan Senaru


Spot ini paling favorit diantara spot lainnya. Dibandingkan dengan hutan lainnya yang pernah aku kunjungi, aku suka banget sama Hutan Senaru ini. Spot ini merupakan hutan hujan tropis di sepanjang POS 3 Mondokon Lolak (2000mdpl) sampai di POS 1 Senaru.

Pohon – pohon setinggi lebih dari 8 meter berdiri kokoh dan berdekatan antar pohonnya, daun – daunnya menghalangi sang surya menembus dasar hutan. Oleh karena itu, kelembapan hutan ini sangat tinggi. Tak heran, berbagai spesies lumut tumbuh dengan lebat menutupi bebatuan dan dahan pohon. Tampak pula beberapa pandan dan pakis – pakisan mempercantik hutan tropis ini.

Waktu yang tepat untuk melintasi kawasan ini pada saat pagi hari yang cerah. Udaranya sangat segar, tanpa polusi. Menghirupnya perlahan dengan nafas panjang membuat badan terasa lebih bugar. Lebatnya tanaman hijau di hutan ini juga memanjakan mata untuk lebih relaks. Suara kicauan burung, dan lutung mengiringi setiap langkah kakiku, seolah – olah mengajakku untuk menenangkan pikiran dan relaks. Apabila kamu punya cukup waktu, kamu bisa hunting foto burung bahkan meditasi di hutan ini.
.
B.     Danau Segara Anak


Spot favorit kedua adalah Danau Segara Anak, yang terletak di ketinggian 2.000 mdpl. Tidak salah lagi, aku suka tempat ini karena ada air dengan energi positif yang bisa meredam emosi. Suasana pagi di spot ini terasa sangat tenang, dan damai. Semilir angin sejuk dan tenangnya riak air di danau seolah – olah memulihkan rasa lelah setelah summit attack.

Untuk mencapai danau ini, kita memerlukan waktu sekitar 7-10 jam dari Senaru. Di spot ini, kita bisa mendirikan tenda di tepi danau. Selain itu, kita bisa memancing ikan mujair, dan ikan mas di danau ini. Tidak jauh dari danau, terdapat permandian air panas Aik Kalak, disini kamu bisa berendam untuk melepas lelah. Tidak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat sumber mata air, Gua Susu, Gua Payung dan Gua Manik.

Gunung Baru Jari dari Danau Segara Anak



C.     Padang Sabana

Sore di padang sabana

Spot favorit terakhir adalah padang sabana di sepanjang POS 1 – POS 2 Sembalun. Padang sabana ini di dominasi oleh ilalang hijau yang menyegarkan mata, sangat jarang pohon. Waktu yang tepat untuk menikmati spot ini saat pagi hari dan sore hari saja. Apabila melintasi spot ini di siang hari, sangat riskan dehidrasi dan kehabisan energi karena sangat terik. Spot ini cocok untuk berfoto dan menikmati semilir angin sembari melepas lelah di kala sore hari. Di kala malam pun, kamu bisa menikmati bintang – bintang bertaburan dan bulan yang bisa menambah rasa bahagiamu.

Padang sabana dari Sembalun

Tiga spot diatas menjadi spot favoritku untuk merasakan energi positif dari Gunung Rinjani, apakah kamu tertarik juga? Buat yang tertarik untuk ke Rinjani, ada beberapa tulisan lain yang bisa membantu untuk menyiapkan perjalananmu:

No comments: