Laman Drop Down

Itinerary Berwisata ke Pulau Nusa Penida - Bali

Membuat Itinerary Perjalananmu Sendiri ke Nusa Penida Bali

Kelingking beach


Berkelana ke Nusa Penida tanpa biro perjalanan atau tour guide itu sangat mudah. Di era digital saat ini, sangat banyak informasi yang bisa kita dapatkan mengenai liburan ke Nusa Penida. Sebelum pelancongan ke Nusa Penida, ada baiknya untuk membuat itinerary terlebih dahulu sehingga kita tahu gambaran besar tentang Nusa Penida. Selain itu, dengan itinerary yang sudah dibuat, kamu juga bisa menentukan biaya  sesuai budget dan waktu perjalanan menjadi efisien. Yuk simak artikel tentang Nusa Penida ini sebelum kamu membuat itinerary ke Nusa Penida.
Nusa Penida terletak di sebelah tenggara Pulau Bali yang dipisahkan oleh selat Badung. Pulau ini termasuk di Kabupaten Klungkung, Bali. Selain pulau Nusa Penida, di perairan Kecamatan Nusa Penida ini juga ada pulau kecil lainnya seperti Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau Nusa Penida terkenal dengan wisata baharinya terutama untuk kegiatan diving dan snorkeling. Wilayah perairan Nusa Penida ini termasuk dalam segitiga terumbu karang dunia (the global coral triangle) yang menjadi prioritas dunia untuk dilestarikan karena keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh lautnya. Spot diving dan snorkeling paling favorit di pulau ini adalah spot Manta Point dan Crystal Bay untuk bertemu dengan ikan Mola – Mola. Tak hanya itu, pantainya pun juga tak kalah cantik.

Nusa Penida berasal dari kata “Nusa” yang berarti pulau, dan “Pandita” yang berarti pendeta atau brahmana utama. Konon, awal mula pulau ini dinamakan “Pandita” karena ada seorang pendeta sakti bernama Dukuh Jumpungan yang dipercaya merupakan jelmaan Bhatara Siwa. Pada abad ke-18, pulau ini digunakan sebagai tempat tahanan di masa Dinasti Gelgel, salah satu kerajaan di Bali. Dinasti Gelgel berhasil menguasai Nusa Penida setelah berhasil membunuh raja terakhir, Dalem Nusa. Dalam Babad Belahbatuh, Raja Nusa Penida ini dikenal dengan nama Ratu Gede Mecaling.

Best time to visit Nusa Penida Island

Waktu terbaik untuk liburan ke Nusa Penida yaitu saat musim kemarau, sekitar bulan Mei sampai September, sehingga kamu bisa menikmati keindahan alamnya dengan cuaca yang cerah. Namun, hindari berlibur saat peak season seperti libur lebaran dan liburan sekolah, supaya kamu tetap bisa menikmati keindahan dan ketenangan pulau Nusa Penida. Jika tujuan berliburmu untuk melihat Mola – Mola, ambil lah waktu sekitar di bulan Juli-Oktober. Hindari juga berlibur saat musim hujan di bulan Desember – Februari, karena sering hujan deras dan pastinya kamu tidak enjoy untuk menikmati alamnya.

How long to stay at Nusa Penida Island

Dua hari satu malam cukup ga buat liburan ke Nusa Penida?
Kalau sehari aja pulang-pergi cukup?
Okay, sekarang kita bahas berapa lama waktu ideal untuk berlibur ke Nusa Penida. Waktu ideal untuk menikmati Nusa Penida itu tergantung pada tujuan utamamu dan waktu luang yang kamu miliki. Jika kamu hanya memiliki waktu terbatas, kamu bisa berlibur ke Nusa Penida dalam satu hari saja. Namun, kamu hanya bisa menjelajah satu area di Nusa Penida. Pilihannya ke Nusa Penida bagian barat atau Nusa Penida bagian timur. Tempat paling favorit adalah Nusa Penida bagian Barat seperti Kelingking secret point, Broken beach, Angels Billabong, dan Crystal bay.

Jika kamu ingin lebih santai dan menyelam (diving), kamu butuh waktu 3 hari 2 malam. Hari pertama, jelajahilah Nusa Penida bagian barat dan nikmatilah sunset di Crystal bay. Lalu, hari kedua, agendakan untuk diving di Gamat bay, Toyapakeh, atau Manta point. Hari terakhir, saatnya jelajahi Nusa Penida bagian timur untuk menikmati sunrise.

How to get Nusa Penida Island

Di sebelah mana Bali sih itu? Gimana caranya ke Nusa Penida?
Caranya gampang banget kalau mau ke Nusa Penida, salah satu alternatif termudah dan tercepat adalah menggunakan fastboat dari Pantai Sanur. Kamu hanya perlu waktu sekitar 30-45 menit untuk menyeberang ke pulau ini. Biayanya juga cukup terjangkau untuk wisatawan lokal, hanya IDR 75K sekali menyeberang. Namun, kamu harus tahu jadwal fastboatnya dulu ya sebelum ke Sanur, supaya tidak menunggu terlalu lama. Biasanya penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida di mulai dari jam 07.00 WITA sampai jam 10.00 WITA saja, lalu baru ada lagi jam 14.00 WITA sampai jam 17.00 WITA. Ada beberapa operator fastboat yang bisa kamu temui di Pantai Sanur, seperti:

Dwi Manunggal
Angels Billabong Fast Cruise
Mola Mola Express
Maruti Express
Caspla
Idola Express

Untuk lebih amannya, lebih baik kamu booking terlebih dahulu melalui contact person bagian ticketingnya. Jika ingin langsung, kamu bisa langsung ke bagian ticketingnya di pinggiran pantai Sanur. Letak ticketingnya dekat dengan resto Mak Beng Jalan Hang Tuah- Sanur, tepatnya di sebelah kiri dari pintu masuk pantai Sanur.

Selain melalui Pantai Sanur, kamu juga bisa menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai menggunakan kapal RORO (Roll of Roll on) yang mampu memuat motor atau mobil kamu. Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Padang Bai ke Nusa Penida hanya jam 10.00 WITA dan 14.00 WITA saja.Waktu perjalanannya sekitar 1 - 1,5 jam.

Fastboat Nusa Penida-Sanur


Nusa Penida Island maps



Place to visit di Nusa Penida
 
Angels billabong

Nusa Penida bagian Barat
-Angel’s Billabong
-Broken beach (Pantai Pasih Uug)
-Kelingking beach
-Crystal Bay (bagus untuk sunset)
-Pantai Banah
-Paluang Cliff
-Gamat Bay

Diamond beach

Nusa Penida bagian Timur
-Diamond Beach
-Pantai Atuh
-Raja Lima
-Rumah Pohon Batu Molenteng (bagus untuk sunrise)
-Bukit Teletubbies
-Pantai Suwehan
-Goa Giri Putri
Goa Giri Putri

Nusa Penida bagian Selatan
-Tembeling water springs
-Seganing Waterfalf
-Peguyangan waterfallfall

Things to do di Nusa Penida Island

Di Nusa Penida enaknya ngapain aja ya?
Supaya liburanmu semakin berkesan, kamu bisa lakukan hal ini di Nusa Penida:
-Watersport seperti banana boat, kano, donut boats, parasailing dan sea walker.
-Snorkeling sekalian free diving
-Diving bersama mola-mola
-Sunbathing
-Berbincang dengan masyarakat sekitar
-Yoga
-Hunting foto


How to getting around di Nusa Penida

Jelajah sore pakai motor
Kamu bisa menjelajahi Nusa Penida dengan menggunakan motor maupun mobil. Jalanannya selebar 8 m tapi sudah beraspal dan bagus, namun beberapa jalan yang dekat dengan area wisata ada yang rusak. Jika kamu belum terbiasa mengendarai motor jarak jauh, disarankan untuk menggunakan mobil karena jarak antar spot wisatanya cukup jauh apalagi akan one day trip dari timur ke barat. Untuk menyewa motor, kamu bisa ke Pelabuhan Sampalan atau Toyapakeh, biayanya sekitar IDR 75K- 100K per hari. Untuk menyewa mobil kamu bisa menghubungi Rent Car Nusa Penida (081337587771) dengan biaya IDR 800K termasuk drivernya.

Where to stay

Ada banyak pilihan penginapan di Nusa Penida yang cocok buat kamu. Jika kamu hanya sendiri dan ingin menghemat penginapan, kamu bisa menginap di hostel seperti Full Moon Bungalows. Alternatif untuk bungalows lainnya adalah La Roja Bungalows di Jalan Ped-Buyuk. Hal yang paling penting untuk menentukan penginapan adalah lokasinya. Saya pribadi lebih suka cari penginapan di daerah dekat dengan pelabuhan toyapakeh atau kotanya, sehingga mudah untuk cari makan atau keperluan lainnya. Jika kamu menginap dekat dengan lokasi wisatanya, pastikan kamu sudah membawa semua kebutuhan yang kamu perlukan, karena sangat jarang warung/toko di sekitar lokasi wisata. Untuk booking penginapan kamu bisa langsung  ke booking.com atau traveloka ya.
 



Where to eat

Apabila kamu ingin mencari makanan dan minuman di dekat pelabuhan, ada banyak pilihan restaurant & bar di sepanjang Jalan Ped-Buyuk, seperti Penida Colada Beach Bar & Fullmoon restaurant. Apabila kamu sedang menjelajah Nusa Penida bagian Barat, kamu bisa mampir ke Sebuluh Resto & Bar untuk mencicipi nasi campurnya. Jika kamu kelaparan di tempat wisatanya, jangan khawatir ya karena ada banyak warung disana :)


How much

Grab to Sanur             IDR 100K-150K
Fastboat PP                IDR 150K
Sewa motor                IDR 75-100K/hari
Sewa mobil                IDR 800K/hari
Makan                        IDR 50K/sekali makan
Penginapan                 IDR 100-1000K/hari
Biaya masuk wisata    IDR 10K-20K/spot

Tips liburan di Nusa Penida
-Rencanakan perjalananmu sendiri supaya lebih puas.
-Bawalah uang cash karena ATM hanya ada di dekat pelabuhan/kota. Jangan lupa bawa pecahan IDR 2K, 5K, 10K, 20K untuk ke toilet, dan masuk tempat wisatanya.
-Bawalah kamera, baterai cadangan atau powerbank untuk mengabadikan perjalananmu :)



Best Regards,
Laurencia Lola Karlina

2 comments:

Unknown said...

Mantap,membantu sekali utk trip minggu depan..
Tks infonya..

Laurencia Lola Karlina said...

sama sama, semoga membantu...