Laman Drop Down

Tarian Air Mancur Sribaduga di Purwakarta


Menikmati malam dengan pertunjukan air mancur terbesar di Indonesia



Purwakarta menjadi salah satu tujuan destinasi untuk melepas penat  yang dekat dengan Ibukota. Tidak hanya wisata alam, Purwakarta juga memiliki atraksi Air Mancur Sri Baduga yang sangat indah. Atraksi ini di gelar setiap malam di akhir pekan. Air Mancur Sri Baduga diklaim sebagai air mancur terbesar di Indonesia. Lenggak-lenggok air mancur dengan taburan cahaya warna-warni di tengah kegelapan dan irama lagu yang pas, memberikan suasana malam yang berbeda di Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat.
Hampir setengah jam berdesak – desakan, pemandu mempersilahkan untuk memasuki area Situ Buleud. Saya dan rekan bergegas menuju bagian depan patung Sri Baduga. Sembari berlari kecil, kami mencari lokasi yang tidak terlalu ramai agar dapat melihat dengan jelas. Beberapa menit setelah mendapatkan lokasi untuk nonton, pertunjukan pun dimulai.

Patung Sri Baduga yang bertaburan cahaya dan dikelilingi air mancur kecil tampak indah ditengah Situ Buleud yang gelap. Keindahan semakin mempesona ketika  jajaran air mancur di depan patung Sri Baduga mulai melenggak - lenggok mengikuti irama musik. Sesekali muncul semburan kembang api saat nada musik tinggi. Kami sangat kagum sekali saat melihat atraksi air mancur yang tidak kalah dengan air mancur  Wings of Time di Singapura ini.

Buat yang penasaran, coba klik video singkat dari saya ini ya : )





Tips Berwisata ke Air Mancur Sri Baduga
1. Gunakan pakaian yang pantas karena terbuka untuk umum.
2. Sebelum menonton, sebaiknya perut di isi terlebih dahulu karena tidak diperbolehkan membawa        makanan. Di dekat lokasi, setiap malam minggu ada food street yang menyediakan berbagai jenis        jajanan. Selain itu, ada beberapa cafĂ©  dan tempat makan yang patut dicoba.
3.  Jika pergi bersama ibu hamil atau pasien disabilitas, mintalah bantuan pemandu yang bertugas            untuk memberikan prioritas khusus.
4. Bawalah payung saat musim hujan, Air Mancur Sri Badugan merupakan taman terbuka.
5. Sebelum ke Air Mancur Sri Baduga, kamu bisa main ke Bukit Panenjoan atau river tubing di Sungai Ciherang.

Cara Menuju Ke Air Mancur Sri Baduga
a     Mobil
Jika menggunakan mobil, Anda bisa melalui jalur Tol Jakarta – Cikampek via Tol Cipularang, lalu keluar pintu Tol Jatiluhur di KM 84. Dari pintu keluar belok ke kiri arah Jalan Basuki Rahmat menuju kota Purwakarta. Area parkir disediakan di sekitar Jalan Siliwangi dan Jalan K.K. Singawinata.
b     Motor 
Jika Anda dari Jakarta menggunakan motor, Anda bisa melalui sepanjang Kalimalang, kemudian keluar di Karawang Barat. Lalu menuju ke arah Purwakarta dengan rute Karawang Barat – Klari – Kosambi – Dawuhan – Cikampek – Sadang – Purwakarta. Jika sudah memasuki Purwakarta, lurus terus menuju Jalan Siliwangi atau Jalan K.K. Singawinata.

Jika Anda dari Bandung, ada 2 alternatif yaitu melalui Lembang atau Padalarang. 
Rute menuju Air Mancur Sri Baduga dari Lembang : Lembang – Jalan Tangkuban Perahu – Jalan Raya Subang -  Jalan Raya Cicadas – Jalan Raya Wanayasa – Jalan Kapten Halim - Jalan Siliwangi atau Jalan K.K. Singawinata.
Rute menuju Air Mancur Sri Baduga dari Padalarang     : Padalarang – Cikalong Wetan – Jalan Ciganea – Jalan Basuki Rahmat - Jalan Siliwangi atau Jalan K.K. Singawinata.

c    Kendaraan Umum
Menuju Air Mancur Sri Baduga bisa menggunakan Bus Jurusan Bandung via Purwakarta, Kereta Api Lokal Jakarta – Purwakarta atau Bandung – Cikampek/Jakarta, dan travel.

No comments: