Laman Drop Down

Destinasi Wisata Alam Tanjung Bajau Singkawang

Melancong ke Wisata Alam Tanjung Bajau di Kala Menunggu Liong Cap Go Meh

View Pegunungan Bajau dari Rindu Alam


Terkenal dengan Festival Cap Go Meh yang meriah, Singkawang tidak hanya kaya wisata budaya saja. Sesuai dengan arti nama Singkawang yang berasal dari kata San Keuw Jong (Shan Kou Yang : Gunung Mulut Laut), kota ini juga memiliki daya tarik wisata alam berupa laut dan pegunungan. Salah satunya adalah Wisata Alam Tanjung Bajau. Di lokasi ini, pengunjung dimanjakan dengan panorama laut dan pegununungan Singkawang.
Bangunan – bangunan tua khas Tiongkok berdiri kokoh dan berhimpitan satu sama lainnya. Berada di tempat itu, rasanya sangat sumpek. Sesekali terlihat papan kayu yang bertuliskan nama toko menghiasi bagian atas dari daun pintu toko kelontong. Beragam kebutuhan pokok diperdagangkan oleh engkoh encik  etnis Tionghoa di toko – toko kelontong itu.  Hiruk pikuk khas pecinan menjadi daya tarik tersendiri.

Ya, seperti itu gambaran Kota Singkawang di pemikiran saya, jauh sebelum ada rencana berwisata ke Singkawang. Setibanya di Singkawang, memang pusat kota kurang lebih seperti pecinan di kota – kota besar Indonesia. Bangunan tua berderet memenuhi pusat kota dengan hiruk pikuk sebagai pusat perekonomian daerah.

Selesai menjelajah kota Singkawang, saya melanjutkan perjalanan darat menuju Pontianak. Baru menempuh perjalanan santai sekitar 20 menit, terpampang papan“Tanjung Bajau Beach” di sebelah kanan jalan. Saya langsung berputar arah lalu menuju arah sesuai papan petunjuk itu. “ Waaa asik sunset di pantai!”, celetuk saya dalam hati. Sebenarnya memang bukan tujuan utama untuk ke pantai Tanjung Bajau saat saya singgah ke Singkawang. Namun karena matahari belum terbenam, tanpa pikir panjang saya memutuskan untuk mampir. Selama perjalanan menuju pantai rasanya bahagia banget, bayangin semilir angin dan suara deburan ombak yang khas, kangen rasanya!

Perjalanan menuju lokasi yang terletak diantara pesisir pantai dan pegunungan Bajau cukup mendukung karena jalan sudah beraspal. Tak disangka, kawasan Tanjung Bajau tidak hanya menawarkan wisata pantai saja tetapi juga wisata edukasi dan perbukitan. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 40.000,00 untuk membayar tiket terusan, saya dapat mengunjungi beberapa lokasi seperti Taman  Dunia Air, Sinka Zoo (Singkawang Zoo), Rindu Alam, dan Fantasy Island.

Seperti apa sih lokasi yang bisa di kunjungi saat explore Tanjung Bajau?

a.     Bukit Rindu Alam

Tempat ini menjadi favorit saya saat berkunjung ke Tanjung Bajau. Lokasinya terletak di atas bukit sehingga bisa melihat pemandangan alam Singkawang dari ketinggian.  Beberapa gazebo sengaja dibangun di pinggir bukit mungkin agar pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan nyaman. Untuk menuju ke Rindu Alam, sebaiknya menggunakan kendaraan yang fit karena jalan cukup menanjak. Dari pintu masuk kawasan Tanjung Bajau, kita cukup mengikuti petunjuk arah yang sudah ada saja.


Saya tiba di lokasi ini ketika matahari sudah mulai membenamkan diri dari kota Khatulistiwa ini. Melangkah mendekati pinggir bukit, angin terasa sepoi - sepoi dan pandangan mata di manjakan oleh pemandangan pantai dengan langit mulai berwarna orange. Sayangnya, sunset kali ini tidak bisa terlihat jelas karena tertutup oleh awan. 


Sunset view dari Rindu Alam
Dengan sedikit kecewa, saya berputar arah untuk melihat pemandangan yang lain. Wow! Tampak dari kejauhan, pandangan mata saya di manjakan oleh pengunungan yang hijau bikin hati senang kembaliiii : )

b.     Sinka Zoo
Baby Gavial di Sinka Zoo

Tempat favorite kedua adalah Kebun Binatang Sinka Zoo. Walaupun koleksi binatangnya tidak terlalu istimewa, saya suka dengan konsep kebun binatangnya yang masih asri dan hijau banget. Turun dari parkiran kendaraan di Sinka Zoo, saya disambut dengan beberapa unggas seperti kalkun dan merpati yang dilepas di latar Sinka Zoo. Seekor baby owa yang lucu juga tampak sedang bermain – main di latar.


Baby Owa

Kandang – kandang besar untuk reptil dan unggas terbang dibuat mengelilingi taman dengan pohon – pohon rindang yang menjulang tinggi. Di  seberang kandang besar, juga terdapat pagupon (kandang merpati) kayu berbentuk rumah yang mempercantik Sinka Zoo. Selain itu, juga ada jembatan panjang yang terbuat dari kayu di antara hutan tropis Kalimantan. Perpaduan yang cukup menyegarkan mata!

Pagupon yang berkira di sekeliling taman


Jembatan kayu diantara pohon hutan tropis




c.      Pantai Tanjung Bajau


Angin dengan uap garam yang khas menyambut kedatangan saya di lokasi ini. Bebatuan besar tampak menghiasi bibir pantai Tanjung Bajau. Karena terletak di semenanjung, ombak di pantai ini cukup bersahabat sehingga aman untuk bermain air di sepanjang pantai. Tidak banyak yang saya explore di lokasi ini selain menikmati dan bermain air laut.

d.     Fantasy Island

Karena waktu yang minim, saya tidak menyempatkan untuk mampir ke lokasi ini. Sejauh yang saya lihat ketika melintasi Fantasy Island, lokasi ini merupakan taman bermain dengan beberapa wahana permainan seperti mini Dufan Ancol. Informasi dari ticketing, untuk memasuki lokasi ini gratis namun ada tambahan pungutan jika ingin bermain di wahana permainannya. Bianglala, ontang anting, bom bom car, kora kora dan komidi putar siap melayani Anda yang ingin bermain bersama teman dan keluarga.

e.     Taman Dunia Air
Pintu masuk koleksi ikan dalam akuarium

Lokasi wisata ini menawarkan koleksi ikan dalam akuarium maupun kolam outdoor. Untuk melihat koleksi ikan dalam akuarium, pengunjung harus masuk ke dalam sebuah bangunan berbentuk mulut hiu. Akuarium dengan pencahayaan berwarna biru menghiasi dinding di sepanjang lorong ruangan. Namun sayangnya, masih banyak akuarium yang kosong karena koleksi ikan dan kura – kura tidak terlalu banyak. Salah satu koleksi khas Kalimantan yang terdapat di Taman Dunia Air ini adalah arwana. Keluar dari bangunan berbentuk hiu, terdapat taman yang cukup luas dengan beberapa kolam besar. Kolam air tawar itu diisi dengan koleksi ikan air tawar.

Lorong dalam ruangan koleksi akuarium

Taman di kolam  outdoor
Tips Berwisata ke Tanjung Bajau
       1.  Kalau suka menikmati senja, datanglah di sore hari setelah makan siang.
       2.  Jangan lupa bawa baju ganti ya kalau mau main air di pantai : )
       3.  Bawa snack dan minuman biar nyaman saat keliling ke lokasi – lokasi wisata di Tanjung Bajau.

Cara Menuju ke Tanjung Bajau ( How to get there )
     Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Bandara Supadio menuju arah Singakawang melalui Sungai Pinyuh – Mempawah – Sungai Duri. Memasuki Jalan Raya Sedau, belok ke kiri mengikuti papan petunjuk Tanjung Bajau Beach.

 Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan travel luar kota atau Damri tujuan Singkawang dari Bandara Supadio Pontianak.  Untuk info mengenai Damri bisa klik disini.

Biaya Berwisata ke Tanjung Bajau
Tiket wisata terusan sebesar Rp 40.000,00 sudah free masuk rindu alam, Sinka Zoo, dan Taman Dunia Air.

Where to eat
Untuk mencari kuliner, Anda bisa ke pusat Kota Singkawang untuk mencicipi berbagai kuliner khas Singkawang seperti Bakso 68, Ikan Bakar Bang Ian, Sea Food Selera Nusantara dan jajanan di Pasar Hongkong Singkawang.

Where to stay
Jika Anda ingin bermalam di daerah Tanjung Bajau, Anda bisa menginap di Bajau Bay Hotel. Jika ingin bermalam di pusat kota, Anda bisa pilih beberapa hotel dari bintang 1 sampai 4 di sini .

Kontak (Contact Person)
Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan bisa menghubungi kantor pusat dengan nomor 0562 – 632 279 atau Bapak Elka Surya dengan nomor 08 9999 888 77








1 comment:

Virtual Tour Indonesia said...

Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
Harga Tiket The Lodge Maribaya

Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

Virtual Tour Indonesia

Harga Tiket agung fantasi waterpark

Harga Tiket watersplash darmawangsa

Harga Tiket rinjani waterpark

Harga Tiket Go splash panjibuwono

Virtual Tour Indonesia