Laman Drop Down

Persiapan Mendaki ke Gunung Gede

Panduan Singkat untuk Persiapan Mendaki ke Gunung Gede
Lanskap dari Puncak Gunung Gede

Setiap destinasi memiliki keunikan tersendiri,seperti do’s dan don’ts selama melakukan perjalanan. Sama halnya dengan pendakian ke gunung, setiap gunung di Indonesia di kelola dengan peraturan dan kebijakan yang berbeda - beda. Nah, apa saja sih yang harus kamu ketahui sebelum melakukan pendakian ke Gunung Gede?
 
Spot - spot yang menarik di kawasan Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango (TNGGP)  berhasil membuat para petualang ingin menjelajahinya. Tidak hanya para petualang dari area Jabodetabek, tetapi juga luar kota bahkan mancanegara. Dengan iklim tropis Indonesia, Gunung Gede menyimpan flora dan fauna khas hutan hujan tropis seperti owa jawa, macan tutul, anggrek hutan, dan berbagai spesies lainnya. Sebelum mengunjungi Gunung Gede di kawasan TNGGP, kamu wajib tahu dulu beberapa informasi terkait Gunung Gede. Simak yuk!

Kapan waktu terbaik untuk melakukan pendakian ke Gunung Gede?
Menurutku, best time to visit ke Gunung Gede itu saat musim kemarau. Selain langitnya lebih cerah karena tidak mendung, juga terhindar dari potensi kehujanan yang sangat menyiksa saat mendaki gunung. Kalau kamu ingin berburu bunga Edelweiss, musim kemarau adalah pilihan yang tepat. Bunga - bunga ini akan bermekaran di bulan April - September. Namun perlu dipertimbangkan, biasanya pendakian ke Gunung Gede ditutup saat puncak musim kemarau, biasanya di bulan Agustus. Selain itu, selama akhir Desember hingga Maret, pendakian ke Gunung Gede juga di tutup untuk memulihkan ekosistem di kawasan konservasi TNGGP. Update untuk informasi jadwal penutupan kawasan Gunung Gede bisa di cek disini.

Waktu terbaik mendaki ke Gunung Gede

How long to stay di Gunung Gede?
Batas maksimum untuk mendaki ke Gunung Gede adalah 2 hari 1 malam (infonya bisa di cek disini). Menurutku 2 hari 1 malam sudah sangat ideal banget untuk menjelajahi Gunung Gede. Hari pertama digunakan untuk mengurus SIMAKSI dan trekking ke camp ground sebelum summit attack di hari kedua. Camping ground favorite para pendaki adalah Alun - Alun Suryakencana (jika melalui jalur Gunung Putri) atau Kandang Badak (jika melalui jalur Cibodas). Dilanjutkan hari kedua summit attack dan menikmati Gunung Gede di pagi hari. Estimasi trekking sampai ke puncak sekitar 5-7 jam saja tergantung ritme masing - masing orang ya.

Camping di Alun - Alun Surya Kencana

Jalur Pendakian 
Untuk menuju ke puncak Gunung Gede ada 3 pilihan jalur, yaitu:

Jalur Cibodas 
Jalur ini menjadi jalur favorite bagi para petualang. Estimasi waktu trekkingnya sekitar 7-8 jam menuju ke puncak. Melalui jalur ini, ada beberapa spot menarik yang harus dikunjungi seperti Curug Cibereum, Telaga Biru, dan Air Panas. Bisa dibayangkan bagaimana asiknya melalui jalur ini kan? Kalau capek, bisa mampir ngerendem kaki di air panas. Di jalur ini juga banyak penjaja makanan, selain itu juga ada sumber mata air di Kandang Badak. Camping ground yang favorit di jalur ini adalah Kandang Badak.
Peta Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas
Trek Awal Gunung Gede via Cibodas
Air panas di Gunung Gede via Cibodas
Curug Cibereum Cibodas

Jalur Gunung Putri
Jalur ini juga merupakan jalur favorit, dengan estimasi waktu trekking sekitar 7-8 jam menuju ke puncak. Spot paling bagus adalah Alun - Alun Suryakencana. Sama halnya dengan Jalur Cibodas, ada banyak penjaja makanan juga di jalur ini. Selain itu juga ada sumber mata air di Alun - Alun Suryakencana. Camping ground yang favorit di jalur ini adalah Alun - Alun Surya Kencana.
Alun - Alun Surya Kencana

Jalur Selabintana
Jalur yang paling jarang di pilih oleh para pendaki, karena jalurnya cukup panjang dan menanjak. Saking jarangnya pendaki, hampir tidak ada penjaja makanan/minuman di jalur ini.

Dari ketiga jalur diatas, menurutku paling enak naik dari Jalur Gunung Putri lalu turun melalui Jalur Cibodas. Jadi pas perjalanan pulang, bisa mampir buat berendam air panas atau basah - basahan di Curug Cibereum :)

Izin Pendakian (SIMAKSI) ke Gunung Gede

Sebelum mendaki, kamu harus booking online dulu mulai dari H-30 sebelum hiking untuk mendapatkan SIMAKSI sementara atau draf validasi. Kuota maksimal per hari untuk mendaki ke Gunung Gede sebanyak 600 orang dari total 3 jalur. Jadi siapa cepat dia dapat, apalagi di tanggal libur seperti long weekend. 

Booking online bisa dilakukan disini. Sebelum booking online, kamu harus punya tanggal pendakian dan foto identitas para anggota. Diakhir proses booking, kamu harus transfer sejumlah biaya untuk SIMAKSI nya. Biaya untuk 2 hari 1 malam sekitar 40ribu rupiah.

Setelah berhasil booking online, print SIMAKSI Sementara dan surat pernyataannya. Dokumen ini harus dibawa saat hari - H bersama dengan bukti transfer/pembayaran dan fotocopy identitas/KTP/SIM. Selanjutnya, dokumen - dokumen ini ditukarkan dengan SIMAKSI di kantor resort KLHK Gunung Putri/Cibodas/Selabintana. Ohya sebelum melakukan penukaran SIMAKSI, kamu harus mendapatkan surat keterangan sehat terlebih dahulu dari klinik yang tersedia di kantor resort KLHK.

Basecamp Pendakian
Basecamp yang harus kamu pilih harus sesuai dengan jalur pendakian saat booking online ya.

Jalur Cibodas
Basecamp di Jalur Cibodas kamu bisa menghubungi contact ini:
Instagram : @tn_pendakiangedepangrango
Facebook : bookingtnggp
Nomor telepon : 0263-519415
Alamat : CImacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur,  Jawa barat

Sekretariat Montana Cibodas

Jalur Gunung Putri
Ada banyak pilihan basecamp di jalur ini dari masyarakat setempat. Alternatifnya:
Multy Mart (nomor HP :  087735347650, email: multyadveenture@gmail.com)
@basecamp_abahanwar (nomor HP: 081320190767 / 087874163637)
Basecamp Gunung Putri

Jalur Selabintana
Basecamp di Jalur Selabintana kamu bisa menghubungi di instagram @baruhalimunselabintana_tnggp

Cara Menuju ke Basecamp Gunung Gede (How to get there)
Jalur Cibodas
Dari Jakarta, kamu bisa naik bus ke arah Cibodas, lalu turun di pertigaan CIbodas. Dilanjutkan naik angkpt ke Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jalur Gunung Putri
Apabila kamu naik transportasi umum, kamu bisa naik KRL arah Bogor lalu naik angkot Bananang Siang, dilanjutkan dengan naik bus ke Cibodas, lalu turun di Pasar Cipanas. Dari Pasar Cipanas di lanjutkan menuju ke basecamp area Gunung Putri.

Do’s and Don’ts di Gunung Gede
Sebelum kamu memulai pendakian, ada baiknya pelajari ketentuan umum untuk pendakian ke Gunung Gede ya:
a. Batas maksimum waktu pendakian hanya 2 hari 1 malam.
b. Minimal grup pendakian sebanyak 3 orang, dan maksimum sebanyak 10 orang.
c. Batas umur pendakian adalah 5 tahun. Apabila calon pendaki berumur kurang dari 17 tahun, wajib menyerahkan surat izin Orang Tua yang ditandatangani diatas materai.
d. Masuk jalur pendakian antara jam 06.00 - 18.00 WIB di jalur yang sudah ditentukan.
e. Tidak mengambil, memetik, memindahkan flora dan fauna dikawasan TNGPP.
f. Tidak diizinkan untuk membuat api unggun.
g. Tidak diizinkan membawa obat - obatan terlarang, dan minuman beralkohol.
h. Tidak membawa alat pembersih badan seperti tissue basah, odol, sabun, shampoo dan lainnya.

Untuk update terkait ketentuannya kamu bisa cek disini ya.

Minimal pendakian ke Gunung Gede ber-3
Puncak Gunung Gede
Peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa?
Kamu bisa cek postingan ini untuk melihat perlengkapan apa saja yang perlu dibawa. Untuk ide menu makanan kamu bisa cek di postingan yang ini.

Budget untuk Mendaki ke Gunung Gede
Biaya SIMAKSI 2 hari 1 malam         Rp 40.000,00
Tes Kesehatan di Klinik    & parkir    Rp 50.000,00
Sarapan pagi di basecamp                  Rp 20.000,00
Kamar mandi                                      Rp 2.000,00
Total biaya yang dibutuhkan untuk pendakian ke Gunung Gede sekitar Rp 112.000,00 diluar ransum dan transport ya.

Tips Pendakian ke Gunung Gede
Selain tips diatas, ada beberapa tips lagi sebelum melakukan pendakian ya:
a. Latihan fisik dulu dua minggu sebelum hari H agar tubuhmu terbiasa.
b. Bagilah perlengkapan bersama yang harus dibawa ke anggota tim sebelum berangkat.
Jika ada yang belum jelas, carilah informasi sebanyak banyaknya atau bisa kunjungi website ini.

Sekian travel guide ala - ala yang bisa aku share, semoga bermanfaat : )

Baca juga:
Gunung Gede yang Kece
Alun - Alun Suryakencana: Lanskap yang Menyegarkan
Perlengkapan dan Peralatan Mendaki Gunung di Indonesia 
Ide Makanan Praktis untuk Pendakian


Best Regards,
Laurencia Lola Karlina

No comments: