Laman Drop Down

Ide Makanan Praktis Untuk Pendakian

Rekomendasi Makanan Cepat Saji yang Tidak Ribet dan Jelimet


Ribuan menu makanan mulai dari makanan ringan sampai menu utama dapat menjadi alternatif bekal untuk pendakian. Walaupun terdapat banyak pilihan, bagi pendaki yang tidak bisa memasak, pemilihan menu makanan menjadi problem utama saat mempersiapkan pendakian. Salah satu solusinya adalah membawa makanan instan atau ready to eat (RTE) untuk dibawa mendaki ke gunung.  Kini RTE pun sudah banyak variannya, mulai dari semur daging sampai opor ayam. Menyenangkan!

Memilih menu makanan untuk melakukan pendakian lebih dari satu hari cukup membuatku untuk berpikir lebih keras. Penyebabnya aku tidak terlalu bisa memasak dan tidak mau ribet, selain itu juga tidak menggunakan jasa porter. Oleh karena itu, bahan makanan harus mudah handlingnya saat dibawa pendakian, dan mudah disajikan.

Kenapa harus mudah handlingnya?

Pertama, bahan makanan yang belum diolah memiliki umur simpan dan penanganan yang berbeda untuk setiap jenis makanan. Contohnya, telur memiliki umur simpan lebih dari satu bulan, namun membawa telur dalam pendakian harus super hati – hati agar tidak pecah. Salah satu caranya adalah meletakkan telur di dalam egg holder yang cukup menyita space dalam keril. Berbeda dengan sayuran, sayuran segar memiliki umur simpan hanya dalam waktu singkat, namun untuk membawanya tidak memerlukan space banyak dan resiko bahan makanan rusak karena penanganan sangat kecil.

Kedua, kita harus membawa barang seefisien mungkin supaya tidak membuang banyak tenaga saat pendakian. Membawa bahan makanan dengan kadar air yang tinggi pasti akan membuat bebanmu semakin berat, dan semakin banyak menguras tenaga saat pendakian. Contohnya membawa semangka saat pendakian. Kandungan air dalam semangka hampir 90%, selain itu juga bentuknya sangat bulky. Semangka memang terasa segar, tapi alangkah baiknya memilih menu yang lain seperti minuman bubuk yang menyegarkan. Jika memang ingin makan buah, pilihlah buah yang tinggi karbohidratnya  untuk menambah energimu. Salah satu alternatifnya adalah pisang.

Kenapa harus mudah disajikan?

Pendakian berhari – hari tentunya menguras banyak energi. Ada kalanya stamina kita turun ditengah perjalanan sehingga tidak sesuai dari rencana awal. Ada kemungkinan pula teman satu tim juga merasa kelelahan seperti yang kamu rasakan. Dalam kondisi tersebut, alternatif menu makanan yang mudah disajikan sangat didambakan supaya bisa cepat beristirahat.

Makanan yang sudah di olah agar lebih awet menjadi salah satu alternatif menu makanan yang memenuhi kriteria dua alasan diatas. Makanan tersebut bisa diolah sendiri maupun diolah oleh produsen besar seperti makanan instan dan ready to eat. Makanan instan atau ready to eat memang menjadi pro dan kontra, namun saya pribadi lebih yakin dengan makanan instan/RTE dibanding jajanan dipinggir jalan. Kenapa? Produsen makanan instan atau RTE pasti lebih terjamin disisi food safetynya karena di awasi  ketat oleh lembaga berwenang seperti BPOM. Tidak mungkin ada kandungan berbahaya seperti boraks dan formalin karena pasti akan ditarik dari peredaran. Selain itu juga, pastinya kandungan BTP (bahan tambahan pangan) dibawah angka maksimal ADI (Acceptable Daily Intake) yang biasanya menggunakan satuan miligram/kg berat badan/hari. Terpenting adalah bijak dalam memilih makanan, jangan terlalu sering makan satu jenis makanan secara berlebihan karena yang berlebihan pasti ada efek sampingnya.

Yuk simak rekomendasi menu makanan untuk ke gunung!

a.    Abon
Menu ini pastinya sudah tidak asing lagi, pelengkap untuk menu nasi goreng ini cocok banget untuk mendaki gunung. Beratnya cukup ringan tapi cukup membuat makananmu lebih berasa. Untuk mendapatkannya, kamu cukup mampir ke Indomaret atau Alfamart yang tersebar dimana saja.

b.    Kering kentang/kering tempe
Selain untuk camilan, kering tempe/kentang bisa juga bisa untuk lauk makan saat pendakian. Dilengkapi dengan kacang tanah, kering tempe terasa semakin membuatmu ketagihan. Kering tempe/kentang bisa kamu buat sendiri sebelum pendakian atau juga bisa beli warung makan/warteg.

c.     Semur Daging Sapi
Semur Daging Sapi dari Indofood Chef Cuisine
Sekarang kamu tidak perlu repot – repot lagi untuk memasak semur daging. Salah satu food industry di Indonesia (Indofood), memproduksi produk RTE berupa semur daging di awal tahun 2017. Cukup dengan menghangatkan selama 2-3 menit, kamu sudah bisa menyantap semur daging.

a.    Opor Ayam
      Satu lagi varian RTE yang di produksi oleh Indofood, yaitu RTE opor ayam. Dengan takaran 200 gram per bungkus, menu ini bisa mengganjal perutmu di siang hari saat masih melakukan pendakian. Penyajiannya pun sangat mudah dan cepat.


b.    Pasta
Pasta Instan La Fonte
     Cukup banyak varian rasa pasta instan yang dijual dipasaran, kamu bisa memilih sesuka hati. Selain rasa, kamu juga bisa memilih jenis pasta kesukaan mu mulai dari spaghetti, macaroni dan penne. Dalam kemasan pasta instan juga sudah tersedia sausnya, sehingga kamu tidak perlu membuat sausnya dengan repot. Terbuat dari tepung gandum durum berkadar gluten tinggi, pasta memiliki tekstur kekenyalan yang khas.

a.    Bubur Instan
Bubur Instan dari Mayora
    Bubur instan bisa menjadi alternatif untuk sarapan pagi sebelum memulai pendakian atau summit attack. Bubur instan pun juga memiliki berbagai varian rasa mulai dari kari ayam sampai soto ayam.

a.    Sup
     Ada beberapa alternatif untuk menu ini. Jika ingin sup krim, kamu bisa memilih sup krim instan. Salah satunya merk Royco. Jika kamu ingin sup dengan kuah bening, buat sup sayur kesukaanmu. Kamu bisa memanfaatkan bumbu instan seperti bumbu racik dan sayur freeze drying.

b.    Mashed Potato
Mashed Potato Instan dari Jayskitchen

Sebagai pengganti nasi, kamu bisa membuat mashed potato. Kini, mashed potato pun ada yang instan. Salah satu produsennya adalah Hoka Jaya Perkasa dengan merk Jays Kitchen. Hanya diseduh dengan air panas, kamu sudah bisa segera menyantapnya.

a.    Kornet
Kamu bisa menyajikan kornet sesuai kreasimu, termudah adalah dengan menggorengnya saja. Satu kaleng kornet bisa untuk 2-3 orang dalam sekali penyajian.

b.    Sarden
Hanya dengan dihangatkan selama 2-3 menit, kamu sudah bisa menyantap sarden dengan sausnya yang sedap.

c.     Mie instan
Tentunya sudah tidak asing lagi dengan menu ini, hampir setiap orang pasti sudah mencoba menu makanan ini : )

d.    Bihun
Berbeda dengan mie instan, bihun instan terbuat dari  tepung beras sehingga lebih getas ketika belum dimasak. Penyajiannya sama seperti mie instan hanya saja tekstur nya berbeda dengan mie instan.

e.    Dried food
Selain alternatif diatas, kamu juga bisa membawa berbagai macam dried food. Salah satu contohnya adalah buah dried food untuk camilan.

Sekian rekomendasinya, semoga bermanfaat!
Teruslah berkarya food technologist : )



No comments: