Laman Drop Down

Alun - Alun Surya Kencana: Lanskap yang Menyegarkan

Padang Savana yang memanjakan mata dan pikiran

Padang Edelweiss di Alun - Alun Surya Kencana














 
Langkah kakiku terhenti ketika melihat padang savana luas yang dikeliling perbukitan hijau dengan kombinasi langit biru yang cerah. Seketika, aku merasakan hormon endorfin dalam tubuhku meningkat drastis. Bahagia rasanya. Rasa capek pun sedikit hilang terlupakan. Padang savana ini adalah Alun - alun Surya Kencana.
 
 
Alun - alun Surya Kencana, yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango (TNGGP) merupakan padang savana dengan luas puluhan hektar. Padang savana ini dikelilingi oleh perbukitan hijau. Berada diketinggian 2.750 mdpl, tanaman edelweis tumbuh subur disini, menambah kesempurnaan lanskap di Alun - alun Suryakencana. Tidak heran kalau Alun - alun Suryakencana menjadi pujaan para pendaki ketika hiking ke Gunung Gede - Pangrango, termasuk aku. Kalau kamu belum pernah, kamu wajib untuk mengunjungi Alun - Alun Surya Kencana.
Alun - Alun Surya Kencana

Sore di Alun - Alun Surya Kencana

Bertebaran  Bunga Edelweiss
Dengan area yang luas, ada banyak tanaman Edelweiss bertebaran di Alun - Alun Surya Kencana. Nama latin dari tumbuhan Edelweiss, biasa disebut juga bunga abadi, yang tumbuh di Alun - Alun Surya Kencana dikenal dengan spesies Anaphalis javanica (Javanese edelweiss). Tumbuhan langka ini hidup subur diatas ketinggian 2.000 mdpl, dan  biasanya berbunga di periode April hingga September. 
Bunga Edelweiss di Alun - Alun Surya Kencana

Bertebaran Bintang di Malam Hari
Dengan sedikitnya polusi cahaya, kamu bisa melihat bintang - bintang bertebaran di malam hari ketika cuaca cerah. Buat kamu yang suka berburu milky way, kamu wajib mengunjungi Alun - Alun Surya Kencana. Kamu bakal ketagihan untuk mengabadikan moment malam hari di sini. Kalau kamu ga suka fotografi, alangkah asyiknya kalau ajak pasangan untuk kesini, menikmati langit yang dipenuhi bintang. Romantis.
Kebayang kan kalau malam di Alun - Alun Surya Kencana kayak gimana?

Bertebaran Tenda Warna - Warni alias Camping Ground
Selain karena keindahannya, lokasi ini juga cocok sebagai camping ground bagi para pendaki. Tanahnya datar, ada sumber mata air, dekat dengan puncak, ada semak dan pepohonan. Paling enak membuat tenda di pinggir Alun - Alun Surya Kencana supaya lebih aman jika ada angin kencang atau badai. Lokasinya agak tertutup oleh semak - semak/pepohonan dan dekat dengan bukit yang mengapit Alun - Alun Surya Kencana. Selain itu, pilihlah lokasi yang dekat dengan sumber mata air dan jalur summit attack.

Ohya, kalau kamu camping disini, jangan lupa membawa turun kembali sampah - sampah tim kalian ya. Jangan sampai menambah sampah disudut - sudut Alun - Alun Suryakencana dari pendaki yang tidak bertanggungjawab. Itulah pentingnya membawa trash bag bagi para pendaki. Suatu saat nanti pasti ada keinginan untuk balik kesini lagi kan? So, jaga terus kebersihannya supaya Alun - Alun Surya Kencana tetap menawan.
Tenda - tenda di Alun - Alun Suryakencana


Menikmati Pagi
Satu momen lagi yang asyik di Surya Kencana adalah saat pagi hari. Kala itu matahari belum terlalu terik, udara tidak terlalu dingin karena matahari mulai menghangatkan Alun - Alun Suryakencana. Langit sangat cerah. Waktunya untuk bersantai sambil ngopi atau ngeteh atau nyoklat (menyeduh minuman cokelat) sembari menikmati lanskap hijaunya. Nikmat sekali.
Suasana pagi di Alun - Alun Surya Kencana

Menarik kan untuk mengunjungi Alun - Alun Surya Kencana?
Untuk tahu lebih detailnya bagaimana cara kesini bisa klik tautan ini dan ini ya.
Jadi, kapan akan liburan kesini?



Best Regards,
Laurencia Lola Karlina

No comments: