Laman Drop Down

Di Balik Kelimpahan Pohon Jati Blora

Tentunya kamu tahu apa itu pohon jati  kan ? Well , pohon jati terkenal dengan harga kayunya yang cukup mahal. Namun, pernahkah terlintas dipikiranmu bahwa tidak hanya kayunya saja yang bermanfaat ?
      Blora adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Sebagian dari wilayah kabupaten ini merupakan kawasan hutan pohon jati, khususnya di desa Klopoduwur. Desa ini terletak tidak jauh dari kota Blora dan berada dalam kawasan hutan pohon jati.
Gapura Desa Klopoduwur
Sebagian masyarakat di desa Klopoduwur sangat memanfaatkan keberadaan pohon jati ini. Kayu dari pohon jati biasa digunakan untuk membuat rumah. Kayu yang digunakan tersebut berasal dari pohon yang sudah tumbang kemudian dikuliti dan dipotong menjadi tipis , yang disebut dengan gelam. Gelam – gelam tersebut kemudian digunakan untuk membangun rumah.
Rumah Kayu Jati
      Tidak hanya kayu saja, masyarakat desa Klopoduwur juga memanfaatkan daun jati untuk membungkus makanan dan membuat capil. Capil merupakan caping yang terbuat dari tumpukan daun jati yang dirangkai seperti kerucut. Ketika “angon” hewan ternak atau bertani, masyarakat desa Klopoduwur biasanya menggunakan capil untuk melindungi kepala dari terik matahari.
Capil

      Satu hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, bahkan kepompong dari ulat pohon jati pun juga sangat dinanti-nanti kehadirannya bagi penduduk Blora. Kepompong ulat pohon jati yang biasa disebut dengan ungker memiliki rasa enak dan gurih serta kaya protein.
Ungker


No comments: